Senin, 25 Juli 2011

About Steelbook






























Gw akan sedikit ngoceh tentang apa itu Steelbook. Gw kutip dari Scavano, produsen Steelbook: "A SteelBook™ is the new, innovative, exclusive packaging for high profile music, video & games releases. Steelbook™ consists of a metal exterior and an inner core of plastic with the same dimensions of a standard DVD style case and designed for high volume automated packaging equipment."

Nah, dari definisi itu udah jelaskan. yang menjadi pembeda antara steelbook dengan dvd lain hanya adalah kemasannya. Tapiiii, tetep. Ada keunggulan dan kekurangannya masing-masing tentunya :)

Keunggulannya, dia dari bahan metal, dimana warna yang tercetak akan lebih bagus dibandingkan dengan kertas biasa. Lalu, koleksi kalian juga terlihat lebih eksklusif. Lalu, dia juga dicetak terbatas, menjadikan Steelbook sebagai collector's item. Dia gak rilis di seluruh dunia, paling di negara tertentu aja & Amerika kayanya juga ga begitu menggemari kemasan ini, terlihat dijual di Amazon.com, tapi futureshop, walmart, target, fye jual & eksklusif untuk store mereka aja :) Eropa lebih banyak lagi, Perancis, Jerman, Itali, UK, masing-masing punya jajaran sendiri, tapi klo eropa daratan, gw rada males, karena judulnya pun kadang udah diubah :( tapi gw ga bisa menolak In Bruges klo ada :D

kekurangannya? MAHAL. huahahaha. iya, Steelbook ini ketika keluar pertama, harganya 2x lebih mahal dari Blu-ray dengan kemasan biasa. Ada yang ga jauh beda pas keluar, tapi limited edition, dan judul baru biasanya klo new release ya tetep mahal. mau nunggu murah, ntar ud OOP, jadi makin mahal, hahaha, dilemma.
Terus, dia juga gak kuat2 bgt bahannya. ga tahan banting, apalagi tahan peluru :p. kepencet sedikit bisa penyok & it's worthless. DAMN!!! Ya, beli mahal, dengan tujuan ntar bisa dijual lagi, tapi ada scratch atw penyok dikit, udah deh, sia-sia.

Gw sendiri punya steelbook pertama kali itu DVD Godfather Coppola Restoration, kira-kira pertengahan 2008 & nilainya sekarang udah naik 2x lipat :D gw sebenernya pengen punya Blu-ray Godfather, tapi ini DVD dikemanain. dijual sayang, gak dijual, ga bisa upgrade, wkwkwk -_-

Terus, gw baru punya Blu-ray Steelbook belum lama ini, seinget gw sih Scott Pilgrim. itupun penyok2 -_- gw dulu pre-order, tapi cancel soalnya hemat mau kawin :)) nah ada temen yg pesen, penyok2, dijual murah ama dia, klo ga salah sih 135rb gtu. ya, ga masalah lah, yg penting blu-ray murah, toh, soalnya yg Blu-ray biasa juga ga semurah itu :D

baru setelah itu, gw mulai lumayan tergoda dengan steelbook :(( harganya yang mahal membuat gw ga bisa sembarangan beli-beli, harus selektif, hahaha. gw sekalian upgrade Blu-ray, sekalian beli Steelbooknya, kaya Batman Begins atau Eastern Promises dan No Country For Old Men.

Gw sebenernya pengen banget punya Steelbook nya Inception, tapi sayangnya harganya udah mahal, sekitar 600-700rb an gtu. Dulu pernah ada yg jual di kaskus & gw pengen beli, tapi Blu-ray Inception yang udah gw punya di dalem koper, gak laku dijual, batal dah :))

Tidak ada komentar:

Posting Komentar