Senin, 15 Maret 2010

DVD 300 Two-Disc Special Edition


































DVD ini dirilis pada tahun 2007, bulan apa tepatnya gw lupa, sepertinya tengah tahun ke 2, soalnya di bioskop dirilis pada bulan maret 2007. Gw ga akan me review film ini seperti apa, karena emg bukan itu tujuan blog ini di buat, tapi lebih ke isi DVD ini.

Untuk disc 1, isinya cuman film dan audio commentary dari sutradaranya, Zack Snyder, ttg penjelasan dari hal-hal yang menarik selama produksi.

Disc 2, isinya lebih banyak dan menarik klo dibandingin ama audio commentary doank. Film ini cukup minimalis, dalam artian, syutingnya cuman di studio, 90% lebih adegan pake Green Screen, atau semuanya kayanya ya?

Di disc 2, dijelaskan hampir semuanya koq, tenang aja. mulai dari orang Sparta itu sendiri, beneran ga sih mereka itu ada, their way of life, way of thinking, budaya mereka, dan lain-lain. Untuk sejarah, pendapat dikemukakan oleh dua penulis, yaitu: Dr. Victor Davis Hanson dan Bettany Hughes. Mereka adalah peneliti sejarah, jadi pendapat mereka memang dapat dipertanggungjawabkan.

Untuk faktor teknis, tentu saja sutradara yang turun tangan. ada fitur The Making Of dari film ini yang dicepetin, jadi cman 3 menit-an doank, mirip-mirip yang kaya di Sin City, tapi ini the making nya. yang kaya gimana tho? jadi gambar masih belum di edit, masih raw, terlihat kain biru dimana-mana, belum di touch up.

Terus ada pendapat dan cerita siapa itu Frank Miller, dari orangnya sendiri dan juga dari orang orang yang bekerja dengannya. Ada juga deleted scenes, ini fitur yang hampir selalu ada dalam setiap dvd, kenapa dipotong? ada bbrp sutradara yang bilang adegannya tidak esensial, bikin panjang dan bertele-tele, klo dipotong, toh tidak mengurangi esensi cerita, dan masih banyak lagi alasannya. Zack Snyder menceritakan alasannya satu per satu, mengapa adegan-adegan ini dipotong.

fitur terakhir yaitu webisodes, yaitu fitur-fitur pendek dengan durasi rata-rata 3 menit-an, yang menerangkan banyak hal, dari disain, karakter, aktor/aktris itu sendiri, sangat menarik. total durasi fitur ini cukup panjang, 38 menit.

Oia, ada buku kecil lho di DVD ini, judulnya 300: The Art Of The Film, tapi ini versi excerpt, dipadatkan, dikecilkan, dan ga komplit. isinya ya ada disain, concept art, dan raw storyboars. cukup menarik.
satu hal yang mengganggu gw adalah ketidak cocokan nomor seri antara slipcase dan kotak dvd di dalemnya. ada di foto tuh. harusnya sih sama, tapi apakah karena pengemasan di Indo yang cukup kacau? ga tau deh, bisa jadi.
ok, semoga review dvd ini membantu :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar